Soal Ujian Berisi 'Bubarkan Banser', Ketum GP Ansor: Hantu HTI Masih Gentayangan

Soal Ujian Berisi 'Bubarkan Banser', Ketum GP Ansor: Hantu HTI Masih Gentayangan

Tribunsantri.com – Beredar soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SMP yang dianggap mendiskreditkan salah satu ormas Islam, Banser NU. GP Ansor menilai hal ini jadi bukti 'hantu' HTI masih bergentayangan.

"Ini menunjukkan bagaimana hantu HTI masih bergentayangan, bahkan di lembaga-lembaga pendidikan. Negara dalam hal ini pemerintah harus segera mengambil langkah-langkah strategis untuk mengatasi hal ini." ujar Ketua Umum GP Ansor Gus Yaqut Cholil Qoumas, Rabu (10/4/2019).

Baca juga : Ansor Polisikan Disdik Garut Terkait Soal Ujian yang Pojokkan Banser

Gus Yaqut juga mengatakan pihaknya telah melakukan investigasi dan tabayun kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut. 

Berdasarkan hasil tersebut, Gus Yaqut menyebut kepala dinas (kadis) telah menyampaikan permohonan maaf dan mengakui kesalahannya.

"Kami juga sudah lakukan investigasi, kita dapatkan fakta lalu tabayun ke Disdik setempat," kata Yaqut.

"Kadis menyampaikan permohonan maaf melalui media, Kadis mengakui kesalahan, Kadis mempertegas pernyataan HTI organisasi terlarang dan dibubarkan," sambungnya.

Baca juga : Beredar Naskah UASBN Beraroma Bela HTI Pojokkan NU dan Banser

Tak hanya itu, Gus Yaqut juga menyebut terdapat sanksi yang akan diterima kepala seksi (kasi) dan Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) bahasa Indonesia, yaitu berupa pemecatan. Menurut Yaqut, pihaknya juga akan tetap melanjutkan kasus ini dalam proses hukum.

"Sanksi bagi menyatakan lalai baik kepada Kasi Kurikulum maupun kepada tim penyusun soal, Kasi Kurikulum dipecat, Ketua MGMP B Indonesia dipecat dan melanjutkan ke proses hukum," tuturnya. [Detik]

Bagikan: