Pendukung Jokowi Adakan Syukuran, Pendukung Prabowo Datang. Mereka Ngopi Bareng, Tanpa Perbedaan

Pendukung Jokowi Adakan Syukuran, Pendukung Prabowo Datang. Mereka Ngopi Bareng, Tanpa Perbedaan

Tribunsantri.com - Masyarakat yang tergabung dalam Relawan Jokowi Kita (RJK) menggelar syukuran di Kelurahan Kapuk, Jakarta Barat, Minggu (28/4/2019) malam.

Acara syukuran itu dihadiri juga oleh mereka yang selama ini mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

M. Ihsan, salah seorang Relawan Jokowi Kita, mengatakan, selama berjalannya pemilu 2019, tidak pernah terjadi konflik apa pun di wilayahnya.

Satu hari setelah pencoblosan, para pendukung Prabowo juga mendatangi poskonya untuk sekadar ngopi bareng.

"Khususnya wilayah kami relatif aman, justru di sini para pendukung 01 dan 02 bisa ngopi bareng, perbedaan itu biasa, tapi bukan berarti perbedaan itu menjadi jurang pemisah. Malah harus kita jadikan jembatan komunikasi yang baik antar warga," kata Ihsan dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/4/2019).

Oleh karena itu, Ihsan turut mengundang para pendukung Prabowo untuk menghadiri acara syukuran. Syukuran itu ditandai dengan potong tumpeng dan doa bersama untuk keselamatan negeri.

“Kami sama-sama sepakat sudah tidak ada lagi istilah 01/02, kami kembali bersatu," kata dia.

Senada dengan Ihsan, Ridwan sebagai pendukung Prabowo-Sandi, mengatakan, di tempat mereka tinggal, perbedaan pandangan politik adalah hal biasa. Mereka tidak pernah saling membenci.

“Kami tetap saling menghargai, buktinya saya hadir malam ini untuk penuhi undangan kawan saya di acara syukurannya," kata Ridwan.

Dia berharap, seluruh pendukung 01 dan 02 di seluruh Indonesia bisa menghilangkan sekat perbedaan yang selama ini terjadi akibat berbeda pilihan.

"Semoga saja rekan-rekan baik dari pendukung 01 dan 02 bisa seperti di tempat kami, bersatu kembali," kata dia.

Dalam syukuran tersebut, relawan Jokowi dan masyarakat juga memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan pemilu yang mereka nilai berjalan lancar, aman, jujur dan adil.

Mereka mengucapkan belasungkawa mendalam kepada keluarga anggota KPPS yang wafat saat sedang bertugas.

Menurut salah satu tokoh masyarakat setempat, Yudi Halim, sebenarnya syukuran tersebut bukan klaim kemenangan, melainkan syukuran karena situasi pemilu di tempatnya berjalan baik dan aman. Demikian pula pemilu nasional relatif berjalan sukses dan lancar.

"Kami bukan syukuran klaim kemenangan. Soal itu biarkan KPU bekerja dengan tenang menjalankan proses penghitungan suara. Kita serahkan kepada KPU. Tapi patut kita syukuri karena selama pemilu situasi berjalan baik dan aman terutama di Kapuk," kata Yudi.

Yudi menyatakan, dirinya adalah pendukung Jokowi, dan beberapa tetangganya menjadi pendukung Prabowo.

Namun, kata Yudi, selama proses pemilu hingga hari ini hubungan antar pendukung di kampungnya baik-baik saja serta tidak ada gesekan sedikit pun.

"Secara jujur saya katakan bahwa saya adalah pendukung Jokowi, tetangga saya pendukung Prabowo, tapi kami tetap hidup rukun bertetangga, tidak ada tuh gontok-gontokan, apalagi sampai gesekan," ujar Yudi. [Wartakota]

Bagikan: