Panitia Shalat Subuh di GBK Keluarkan Maklumat Minta Maaf dan Instruksi kepada Jamaah yang Shalatnya Salah Supaya Mengqadla

Panitia Shalat Subuh di GBK Keluarkan Maklumat Minta Maaf dan Instruksi kepada Jamaah yang Shalatnya Salah Supaya Mengqadla

Tribunsantri.com – Setelah mendapat kritik dari berbagai kalangan, akhirnya panitia shalat subuh di Gelora Bung Karno (GBK) mengeluarkan maklumat meminta maaf dan menginstruksikan kepada para jamaah yang shalatnya salah seperti tidak menghadap Kiblat dan duduk tanpa udzur, wajib mengqadla'.


Baca juga : Salah Fatal Bacaan Ayat Imam Shalat Subuh Pendukung 02 di GBK

Berikut Maklumatnya :


Maklumat Panitia  Kampanye Akbar Prabowo Sandi tentang Kegiatan sholat subuh di GBK 7 April 2019


بسم الله الرحمن الرحىم 



السلام علىكم ورحمة الله وبركاته 


Sehubungan dengan kegiatan sholat subuh di GBK pada hari Ahad, 7 April 2019 yang lalu, maka Panitia perlu mengeluarkan maklumat sebagai berikut.


Baca juga : Shaf Campur di Jerman yang Dulu Mereka Sebut Liberal, Kini Mereka Praktekkan Sendiri

Pertama; Terkait adanya jamaah laki-laki dan perempuan yang sholatnya tidak terpisah serta bercampur baur di beberapa titik, maka sesungguhnya panitia sudah menempatkan posisi jamaah laki laki dan perempuan  secara terpisah sesuai dengan aturan yang diajarkan Syariah. Bukan kesengajaan untuk menempatkan jemaah secara bercampur baur. Namun jumlah jamaah yang membeludak membuat percampuran tak terhindarkan di beberapa titik, tentunya hal tersebut diluar kendali panitia. Meski demikian, hal ini tidak membatalkan Sholat, hanya saja hukumnya makruh.


Kedua ;  Bahwa area yang disiapkan oleh Panitia untuk pelaksanaan sholat subuh adalah LAPANGAN  di tengah Stadion GBK dan area diluar stadion, sehingga diharapkan shaffnya lurus kearah kiblat. Dari awal, panitia mensetting pintu akses ke tribun HANYA dibuka SETELAH sholat subuh,  tempat duduk di tribun sama sekali TIDAK DIPERUNTUKKAN untuk tempat sholat dan sudah dihimbau kepada jemaah agar sholat di lapangan atau pelataran luar stadion. Namun entah bagaimana, ada yang membuka pintu tribun tanpa koordinasi dengan panitia sehingga jumlah jamaah yang membeludak membuat banyak jamaah masuk ke Tribun sebelum waktu yg ditentukan. Sehingga tampak video yang beredar bahwa sebagian jamaah yang solat  di atas tribun solat subuh dengan posisi duduk dan ada pula yang tidak menghadap kiblat dengan benar.


Ketiga ; kami selaku panitia menyatakan *permohonan maaf* atas kejadian tersebut, adanya sebagian jamaah yang sholat di tribun atas adalah semata mata karena membludaknya jumlah massa yang datang untuk mengikuti sholat subuh secara berjama'ah sehingga peserta yang terus berduyun duyun masuk ke stadion untuk mengikuti sholat subuh menempati area kosong yang ada di dalam stadion. Panitia sudah berusaha keras untuk menghimbau jamaah. Dan himbauan tersebut terkait erat dengan pelaksanaan waktu sholat subuh yang semakin mendekati. Untuk itu *sekali lagi kami atas nama panitia meminta maaf kepada seluruh alim ulama dan jemaah sholat subuh serta kepada seluruh umat Islam atas hal tersebut.


Keempat ; Panitia menyerukan secara *KHUSUS* kepada jemaah sholat subuh yang sholat di tribun stadion GBK dalam posisi duduk tanpa 'Udzur SYAR'i  maupun yang tidak menghadap kiblat dengan benar dan yang tidak sempat berwudhu, *WAJIB MENQODHO* sholat subuh tersebut. 


Demikian maklumat ini dibuat, atas pengertiannya  kami ucapkan jazakallah khoiron.



والسلام علىكم ورحمة الله وبركاته


Jakarta, 4 Sya'ban 1440 H/ 8 April 2019


Hormat kami


Panitia Subuh dan Munajat Kubro

Kampanye Akbar 02

Ust Slamet Maarif, SAg, MM

Ketua PA 212
Wkl ketua BPN

Ketua Bid Hisbah DPP FPI

Panitia Shalat Subuh di GBK Keluarkan Maklumat Minta Maaf dan Instruksi kepada Jamaah yang Shalatnya Salah Supaya Mengqadla



Bagikan: