Tirto Sudah Minta Maaf Soal Meme KH Ma'ruf, Banser Jatim Lapor Polisi

Tirto Sudah Minta Maaf Soal Meme KH Ma'ruf, Banser Jatim Lapor Polisi

Tribunsantri.com - Meski sudah meminta maaf secara terbuka, situs berita tirto.id yang membuat meme Cawapres KH Ma'ruf Amin tentang legalitas perzihanan, tetap saja memantik reaksi sejumlah pihak.

Salah satu reaksi muncul dari Banser Jatim yang melaporkan hal tersebut ke Polda Jatim, Senin (18/3/2019).

Baca juga : Beritanya Sudah Tak Sehat, Sekjend PBNU : Mohon Maaf, Mulai Hari Ini Saya Unfollow TirtoID

Sekretaris Bidang Kerjasama Satkorwil Banser Jatim, Abdul Rasyid mengatakan, meski unggahan meme di twitter telah dihapus, dan tirto.id sudah meminta maaf, hal itu menurutnya belum cukup. Banser Jatim tetap tidak terima lantaran unggahan itu sama dengan penyebaran hoaks dan pelecehan terhadap nama baik KH Ma'ruf Amin.

"Karena meskipun sudah dihapus, rekam jejak digitalnya itu sudah banyak menyebar," ujarnya.
Pelaporan ini, lanjut Rasyid, sebagai pembelajaran dan pemahaman masyarakat khususnya media. Selain itu juga untuk memberi efek jera kepada media yang bersangkutan.

Baca juga : PBNU Hargai Permintaan Maaf Tirto.id

"Agar selalu berhati-hati menggunakan media sosial, apalagi tentang ujaran kebencian, SARA, hoaks dan fitnah. Kepada yang pelanggar UU ITE, agar dikemudian hari hal-hal seperti itu tidak terulang lagi," lanjutnya.

Rasyid mengimbau agar semua pihak khususnya media bisa lebih bijak dalam menyikapi setiap hal yang menyangkut kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara. Ia meminta untuk saling menghormati setiap perbedaan.

"Tanpa ada ujaran kebencian, sara, hoaks dan fitnah yang dapat memecah belah persaudaraan dan persatuan sesama anak bangsa," tandasnya. 

Bagikan: