Kyai Ma'ruf Tampil dengan Futuristik dan Memukau

Kyai Ma'ru Tampil dengan Futuristik dan Memukau

Tribunsantri.com - Jujur saya tidak menyangka Kiai Ma'ruf akan tampil memukau di acara debat cawapres kemaren malam.

Saya yakin tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo - Sandi juga tidak menyangka hal tersebut. Ini diluar ekspektasi banyak pihak termasuk pengamat politik. Saya sih tidak heran jika ulama sekelas Kyai Ma'ruf bisa tampil nyaris sempurnah. Mantul!

Baca juga : Sang Kiai, Bukan Kiai Biasa, Banyak Mata Terbelalak Menyaksikannya

Meskipun harus diakui penjelasan Kyai Ma'ruf kadang sedikit terbata-bata, namun penjelasan beliau sangat detil dan cukup membuat Sandi laiknya anak TK yang sedang diajari membaca oleh seorang guru di sekolahnya. Ini bukan soal fisik tapi soal pemikiran yang begitu matang.

Fisik seseorang bisa melemah tapi pemikiran Kyai Ma'ruf sangat futuristik dan memukau.

Ini adalah penampilan pertama Pak Kiai debat secara langsung dan sendiri tanpa didampingi capres. Penampilan Pak Kiai menepis persepsi banyak orang bahwa beliau adalah orang tua yang kolot, kaku, ketinggalan jaman, tidak mengerti anak muda, tidak paham teknologi dan tidak paham ekonomi.

Sebaliknya justru Pak Kyai sangat menguasai permasalahan hingga detil teknisnya, mengikuti perkembangan teknologi, dan mampu menggambarkan visi Indonesia Maju 10 tahun ke depan. Hal ini sangat berbeda dengan Prabowo dan Sandi yang terkesan jadul dalam pemikirannya.

Berikut adalah istilah-istilah kekinian yang digunakan Pak Kyai dan saya yakin baik Prabowo maupun Sandiaga Uno tidak paham.

1. DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) 
2. Opera house
3. Infrastruktur langit 
4. Solusi struktral dan solusi pasar  
5. Germas (Gerakan Masyarakat Sehat) 
6. Kolostrum -> ASI yang pertama kali keluar 
7. Decacorn 
8. Cyber University 
9. Basic Capital dan Maximize Utility

Saya yakin Sandi tidak banyak paham tentang istilah itu, apalagi capres jadul, sudah dapat dipastikan dia tidak akan paham sama sekali.

Dan saya sebagai warga Indonesia semakin bangga ketika diakhir debat pak Kyai Ma'ruf memberikan penutup yang sangat menyentuh.

"Ya Allah, saya memang merasa sudah tidak muda lagi. Tetapi kalau Engkau percayakan kepada kami untuk memimpin bangsa ini, kami siap dan kami akan bekerja dengan sungguh-sungguh. Hasilnya bukan untuk kami, tetapi untuk generasi yang akan datang." Tutup beliau disesi debat ke-3 cawapres 2019

#WapreskuKiai 

Yusuf Muhammad

Bagikan: