KH Maimoen Zubair : Sekarang Tidak Ada Khilafah, Adanya Indonesia

KH Maimoen Zubair : Sekarang Tidak Ada Khilafah, Adanya Indonesia

Tribunsantri.com - KH Maimoen Zubeir (Mbah Moen) mengingatkan agar masyarakat tak lagi mempersoalkan mengenai pendirian negara Islam atau khilafah. Sebab, masyarakat sudah memiliki negara yang bernama Indonesia.

‘’Sejak 1917 sudah tidak ada lagi khilafah. Muncul negara negara sendiri,’’ kata mbah Moen.

‘’Sudah 100 tahun sudah tidak ada khilafah, ya sudah,’’ tambah mbah Maimoen. 

Baca juga : Mbah Maimoen Minta Kiai Muda Selalu Cinta NKRI dan Hormati Keberagaman

Meski mayoritas beragama Islam, lanjut dia, saat ini memang sesama umat Islam kerap bertikai. Pertikaian itu terjadi salah satunya tentang perlunya mendirikan negara Islam atau syariat sebagai dasar negara dan aturan hukum. 

Padahal, kata kiai kharismatik itu, Indonesia memiliki riwayat disinggahi banyak corak keislaman. Khususnya di wilayah Asia Tenggara.

‘’Islam itu agama. Orangnya macam-macam tapi harus tetap Bhineka Tunggal Ika. Tidak bisa kita memisahkan Asia tenggara. Dulu ada Islam dari Champa,’’ kata Mbah Maimoen. Dia juga berpesan agar tetap menjaga kerukunan antar umat beragama.

Baca juga : KH. Maimun Zubair, Kiprahnya untuk NU dan Indonesia

Saling Menghormati

Di antara resep untuk menjaga kerukunan, yakni dengan sikap saling menghormati. Rinciannya, saling menghormati martabat manusia, menghormati dan menjaga keturunan, menghormati hak milik, dan menghormati orang lain meski berbeda agama.

‘’Amalan tersebut sudah dilaksanakan semasa Nabi Muhammad,’’katanya. Mbah Maimoen juga banyak menerangkan tentang keutamaan bulan April.

Salah satunya di bulan itu bertepan dengan kelahiran Nabi Muhammad, yang bertepatan dengan 20 April 571 Masehi. ‘’Bulan di mana Muhammad dilantik menjadi Nabi di bulan April,’’ungkap Maimoen. [suaramerdeka]

Bagikan: