Jokowi Ajak Masyarakat Pakai Sarung Minimal Sebulan Sekali

Jokowi Ajak Masyarakat Pakai Sarung Minimal Sebulan Sekali

Tribunsantri.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau booth di acara Festival Sarung Indonesia 2019. Booth-booth ini diisi oleh karya tenun sarung yang ada di Indonesia.

Jokowi bersama Ibu Negara Iriana tampak mengenakan sarung berwarna merah saat meninjau Festival Sarung Indonesia. Jokowi berdialog dengan para pengrajin di lokasi.

Baca juga : Setelah Dicek, DNA Jokowi Ternyata Keturunan Waliyullah

Setelah meninjau booth-booth, Jokowi dipersilakan ketua panitia IGK Manila menyampaikan pidatonya. Jokowi menyebut sarung sebagai salah satu kekayaan Indonesia dalam hal budaya. Oleh sebab itu, ia mengajak masyarakat memakai sarung sekali sebulan.

"Inilah kekayaan budaya yang tidak dimiliki bangsa dan negara lain. Oleh sebab itu, Saya akan ajak nantinya setiap hari tertentu dalam satu bulan kita memakai sarung bersama-sama," kata Jokowi di Plaza Timur GBK Senayan, Jakarta, Minggu (3/3/2019).

"Mau nggak? Setuju nggak? Bisa seminggu sekali. Bisa dua minggu sekali bisa sebulan sekali. Lama-lama setiap hari pakai sarung," imbuh eks Wali Kota Solo ini.

Jokowi juga berkesempatan mencoba menenun sarung. Turut hadir dalam acara ini Seskab Pramono Anung, Menko PMK Puan Maharani, Menristekdikti M Nasir, Menhub Budi Karya Sumadi, Menag Lukman Hakim, dan Kepala Bekraf Triawan Munaf.

"Inilah kekayaan budaya kita yang harus ditempatkan pada tempat paling baik sebagai penghargaan kita atas karya dan produksi setiap provinsi yang berbeda beda corak motif dan warna. Memiliki filosofi yang tinggi dan kita tinggal menentukan kita pakai sarung di hari apa," pungkas Jokowi [detik]

Bagikan: