Ini Kata UAS Soal Video Dirinya Tanggapi Polemik Kafir

Ini Kata UAS Soal Video Dirinya Tanggapi Polemik Kafir

Tribunsantri.com -  Beredar cuplikan video Ustaz Abdul Somad viral di media sosial. Video itu berisikan ceramah tentang istilah kafir yang baru-baru ini menjadi perdebatan di masyarakat akibat keputusan PBNU yang melarang penyebutan kafir bagi seseorang non muslim.

Dalam ceramahnya di video berdurasi satu menit itu, UAS mempertanyakan larangan menyebut dengan istilah kafir. Padahal saat itu UAS hanya menjelaskan pertanyaan seorang jamaah mengenai hukum ceramah dengan mengutip ayat-ayat kafir.

Baca juga : Kiai Muqsith Ghozali : Kalau Jawaban Ini Tak Juga Bisa Dipahami, Maka Harus Ngaji Lagi

"Gimana ceramah enggak boleh menyebut kata kafir," ujar Ustaz Somad di dalam penggalan video tersebut.

Berikut videonya : 



Namun, saat dikonfirmasi, Ustaz Somad mengklarifikasi videonya tersebut. Ia mengatakan, video itu adalah video lama yang diunggah kembali oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Baca juga : Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Sepakat dengan PBNU terkait Pelarangan “Kafir”

Hingga saat ini, Ustaz Somad belum pernah berkomentar mengenai hasil dari Bahtsul Masail NU tentang kafir.

"Ini ceramah sekitar 2 tahun lalu. Ana belum komen tentang hasil bahtsul masail NU tentang kafir," bebernya dalam pesan singkat kepada sahabatnya yang juga penulis novel Haji Backpacker, Aguk Irawan.

"Ana selalu dibenturkan dengan NU. Semoga Allah selamatkan kita dari fitnah," imbuh Ustaz Somad.


Ini Kata UAS Soal Video Dirinya Tanggapi Polemik Kafir

Tak hanya itu, Ustaz Somad juga mengklarifikasi mengenai banyaknya foto bergambar dirinya yang disandingkan dengan capres 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Salah satunya di sudut-sudut jalan di pedesaan.

Baca juga : Pengasuh Pesantren Lirboyo: Meskipun Mengaku NU, Jangan Percaya Kelompok yang Tak Akui NU, Karena Mereka Wahabi

Dia menegaskan, seluruh aktivitas dakwahnya sama sekali tak berkaitan dengan kegiatan politik atau dukung-mendukung calon tertentu.

"Itu cuman comot, tidak ada izin," ucap Ustaz Somad. [Okz]

Bagikan: