Setelah Dicek, DNA Jokowi Ternyata Keturunan Waliyullah

Setelah Dicek, DNA Jokowi Ternyata Keturunan Waliyullah

Tribunsantri.com - Dalam acara haul ayahanda Jokowi, hadir ibunda Jokowi, saat itu ia berbincang dengan Ary Agus yang merupakan pengurus Pagar Nusa. Ibunda Jokowi bercerita tentang silsilah Jokowi dan amaliah ibunda sehingga memiliki anak yang sukses. Ary Agus menceritakan:

Baca juga : Bicara Diserang Hoax PKI, Jokowi: Itulah Kejinya Politik

“Alhamdulillah saya bertemu langsung dengan ibu Noto, tutur beliau halus dan lembut, dari garis leluhur ayah Jokowi bapak Noto Mihardjo adalah kiai Hasan Zuhdi, pesantrennya pun masih ada ,dan beliau adalah murid dari Mbah Hasyim Asy’ari Tebu Ireng.

“Sempat saya menanyakan rahasia bagai mana menghadapi dan mendidik anak yang sukses, rahasia ibu tersebut adalah solawat nariyah.”

Baca juga : Jokowi: Saya Teken Perpres Hari Santri Kok Dibilang Anti Ulama?

Jokowi memiliki nasab orang soleh, sehingga perawakan yang tenang menunjukkan kedalaman spiritualnya, dan ternyata ia memang lahir dari keluarga religius.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Zainal Ma’arif dan Kyai Wachid, Jokowi adalah keturunan dari Kiai Yahya, salah seorang pengawal Pangeran Diponegoro. Kiai Yahya sendiri adalah putera dari Kiai Abdul Jalal, seorang ulama yang menjadi pendiri tanah perdikan di wilayah Kalioso (daerah selatan utara Solo).

Baca juga : Mengapa Warga NU Harus Pilih Jokowi-Kiai Ma'ruf Amin?

Jika silsilah ini ditarik ke atas, maka Jokowi merupakan keturunan dari Jaka Tarub (Raden Kidang Telakas). Dan Jaka Tarub sendiri adalah (dipercaya) putera dari Maulana al-Maghribi.

Sebagaimana dikutip dari website Islami.co, Syeikh Maulana Maghribi merupakan salah satu penyebar Islam generasi pertama. Beliau jauh ada belum  Walisongo – Sunan yang kita kenal saat ini. Berasal daerah Maghrib, atau Maroko di Benua Afrika bagian Utara. Menurut Sejarawan, Agus Sunyoto, dikabarkan beliau wafat pada tahun 1419. [Kamiskot]

Bagikan: