Seorang Shaleh Bermimpi Disuguhi Daging Busuk karena Mendengarkan Gunjingan

Seorang Shaleh Bermimpi Disuguhi Daging Busuk karena Mendengarkan Gunjingan

Tribunsantri.com - Ghibah (Menggunjing) merupakan salah satu dosa besar yang harus dihindari. Allah swt berfirman : 


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka, karena sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang. Jangan pula menggunjing satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Hujurat: 12)

Keharaman menggunjing tidak hanya bagi pelakunya tapi juga berlaku untuk yang mendengarkan. Dengan kata lain, antara yang menggunjing dengan yang mendengarkan sama-sama mendapatkan dosa.

Kalau menggunjing diumpakan memakan daging saudara sesama muslim, maka hal ini juga berlaku bagi yang mendengarkannya.

Terkait dengan hal ini, ada kisah menarik yang perlu kita perhatikan sebagai pelajaran agar sebisa mungkin menghindari majlis ghibah.


Seorang Shaleh Bermimpi Disuguhi Daging Busuk karena Mendengarkan Gunjingan

Seorang yang shaleh dalam mimpinya melihat daging busuk dan mendengar suara, 

"Makan daging ini!"

"Dosa apa yang kulakukan?"

"Bukankah kamu telah menggunjing saudaramu sesama muslim?"

"Tidak ada"

"Bukankah kamu duduk bersama orang-orang yang menggunjingnya dan kamu ikut mendengarkan? Kamu berdosa seperti mereka.  [tribunsantri.com]

Bagikan: