Radikalisme Semakin Mengkhawatirkan, Gubernur Khofifah Kumpulkan Para Gus dan Kiai Muda

Radikalisme Semakin Mengkhawatirkan, Gubernur Khofifah Kumpulkan Para Gus dan Kiai Muda

Tribunsantri.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta kepada para gus atau kiai muda agar ikut serta bersama pemerintah menangkal paham radikal yang akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan.

Hal itu disampaikan saat menghadiri Forum Silaturahmi Gawagis Nusantara bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla, di Hotel Wyndam, Surabaya, Sabtu, 23 Februari 2019.

Menurut Khofifah, bahaya radikalisme saat ini semakin hari dirasa mengkhawatirkan. Sehingga para gus gus harus mampu mengisi ruang ruang kosong dengan bekal ilmu agama dan pengetahuan hingga masuk pada sektor pendidikan pesantren baik di sekolah-sekolah hingga perguruan tinggi.

Apa yang dikatakan Khofifah bukan tanpa alasan. Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) diketahui ada kecenderungan faham radikal menyasar anak muda yang masih duduk di bangku sekolah.

“Lewat hasil survei tersebut menyebutkan, bahwa dari 34 provinsi se Indonesia anak-anak SMP dan SMA mengalami kristalisasi terhadap format pemikiran yang cenderung berbau faham radikal,” ujarnya.

Oleh sebab itu, kata Khofifah hasil survei tersebut harus dijadikan referensi bagi gus-gus untuk ikut memberi pencerahan kepada siswa-siswa di sekolah terutama SMA/SMK melalui pendekatan ilmu agama.

“Mudah mudahan ini menjadi bagian dari singkronisasi dari seluruh energi positif yang ada dalam komunitas gus-gus di IGGI, Asparagus maupun Gawagis,” tegasnya. [SN]

Bagikan: