Mahfud MD: Islam Tidak Kenal Sistem Khilafah

Mahfud MD: Islam Tidak Kenal Sistem Khilafah

Tribunsantri.com - Mantan ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menegaskan bahwa dalam Islam tidak ada khilafah sebagai sistem bernegara. Menurutnya, khilafah memang ada tapi bukan sebagai sistem.

"Dalam Islam itu ada ajaran tentang khilafah, tetapi tidak ada ajaran tentang sistem khilafah. Bedakan ajaran dan sistem," tutur Mahfud di lokasi, Selasa (19/2) seperti dilansir Merdeka.com.

Baca juga : Mahfud MD: Ada Produsen Hoaks yang Ingin Merusak Kredibilitas Pemilu 2019

Tokoh yang juga ketua Suluh Kebangsaan itu mengatakan, masyarakat perlu diberi pemahaman tentang hal tersebut agar agama tidak dibajak oleh kelompok tertentu untuk membuat perpecahan dengan dalih menegakkan khilafah.

Perpecahan yang disebabkan agama sudah banyak dialami sejumlah negara, diantaranya India, Pakistan dan sebagian besar negara di Timur Tengah.

"Dalam berbagai negara, perpecahan bisa dimulai dari perbedaan agama. India dan Pakistan pecah karena agama. Ada yang karena daerah, Bangladesh dan pakistan, karena perbedaan kaya miskin. Kasmir, ada Rohingya, bisa itu. Nah kita di Indonesia telah merumuskan negara kesatuan," jelas Mahfud.

Baca juga : Setelah Kasasi Ditolak MA, HTI Resmi Jadi Ormas Terlarang, Begini Tanggapan Ismail Yusanto

Selanjutnya Mahfud menjelaskan saat nabi Muhammad mendirikan negara Madinah, alih-alih membuat sistem, nabi Muhammad justru merumuskan Piagama Madinah yang isinya penuh toleransi. Ini yang seharusnya dicontoh oleh kelompok yang memaksakan kehendak mendirikan negara dengan sistem khilafah.

"Nabi mendirikan negara tetapi tidak menciptakan sistem. Sistem boleh apa saja tetapi negara harus ada. Nah kita sudah sepakat sistem dengan NKRI yang merupakan produk ulama-ulama besar setelah berdebat. Sekarang jelang pemilu, ada ancaman kebersatuan. Ada yang ingin menciptakan Islam sebagai agama yang menakutkan, bukan melindungi," Mahfud menandaskan. [Tribunsantri/mdk]

Bagikan: