Kiai Ma'ruf Sebut 5 Komponen di NU yang Harus Dikuatkan Agar Membawa Perubahan Besar

Kiai Ma'ruf Sebut 5 Komponen di NU yang Harus Dikuatkan Agar Membawa Perubahan Besar

Tribunsantri.com - Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ma'ruf  Amin mengingatkan, menyongsong satu abad NU, kalangan Nahdliyyin harus segera menyiapkan landasan 100 tahun kedua.

Kiai Ma'ruf menyebut, di NU ada 5 komponen yang perlu diperhatikan. Pertama adalah soal akidah. Menurut Kiai Maruf, akidah tidak perlu dilakukan pembaruan karena memang sudah paten melainkan harus dikuatkan

"Apa yang harus ditajdid. Saya melihat ada 5 komponen yang penting di dalam NU ini," kata Ma'ruf dalam sambutan Munas dan Konbes NU di Ponpes Miftahul Huda Al Azhar, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (27/2/2019).

Yang kedua berkaitan dengan cara berfikir kaum nahdliyyin.

"Yang ketiga adalah amaliyah nahdiyah, amaliah juga kita perkuat dan kita sosialisasikan. Nah mungkin yang harus kita tajdidkan yaitu harakahnya, gerakan. Harakah nahdliyah," ujarnya.

Nah, ketika harakah nahdliyyah tersebut telah diperbarui maka akan berdampak besar bagi kemaslahatan umat, bangsa dan negara.

Menurut Ma'ruf, dampak perubahan itu masuk komponen yang keempat di samping komponen kelima yang disebutnya Jamiyah yakni NU sebagai sebuah organisasi yang melindungi umat.

"Sebab banyak umat kita diambil orang. Orang NU, fikiranya NU, akidahnya NU, amaliyahnya NU, tapi harakahnya tidak ikut NU," tuturnya.

"Dia terprovoksi karena menganggap gerakan NU ini lemah, lembek, katanya begitu. Jadi mereka tidak tahu gerakan yang lemah dengan gerakan yang santun. Padahal NU itu bukan lemah, (tapi) santun," pungkasnya. [Sindo]

Bagikan: