Demi Aswaja Nahdliyyah, 50 Kiai Se-Pasuruan Serukan Warga NU Pilih Jokowi

Demi Aswaja Nahdliyyah, 50 Kiai Se-Pasuruan Serukan Warga NU Pilih Jokowi

Tribunsantri.com - Para Masyayikh atau kiai-kiai se Pasuruan bersepakat untuk mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 01 Joko Widodo – KH Ma'ruf Amin (Jokowi-Maruf). 

Dukungan tersebut  dituangkan dalam kesepakatan yang ditandatangani 50 kiai terkemuka Pasuruan dan dibacakan di hadapan puluhan pengasuh pesantren, ribuan ustaz dan santri saat acara yang dikemas dengan 'Istighotsah untuk Keselamatan Bangsa' di Kantor DPC PKB Kabupaten Pasuruan, Jalan Raya Kraton, Sabtu (23/2/2019) seperti dilansir detikcom.

Baca juga : Santri Kiai As'ad Ikut PKS, Kiai Fawaid: "Demi Allah Saya Tidak Ikhlas"

Tidak hanya itu, para masyayikh juga menyerukan kepada seluruh warga NU untuk kompak memilih Jokowi-Ma'ruf demi tegak dan lestarinya paham Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) an-Nahdliyyah dan keutuhan bangsa.

"Para masyayikh Pasuruan Raya bersepakat untuk memenangkan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Bapak Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin. Dan menyerukan seluruh warga Nahdlatul Ulama untuk memilih pasangan nomor 01 demi tegaknya Ahlussunnah wal Jamaah An-nahdliyah dan keutuhan bangsa," kata salah satu kIai yang hadir, KH Sonhaji Abdussomad.

Baca juga : Majelis Syuro PKS Ziarah Makam Wali dan Tahlilan, Warga NU Diminta Hati-hati Manuver Politik PKS

Pengasuh Pondok Pesantren Al Hidayah II Banyak Putih Sukorejo ini menegaskan, dukungan terhadap pasangan nomor urut 01 sudah bulat. Dukungan tersebut berdasarkan kesepakatan para masyayikh Kabupaten dan Kota Pasuruan.

"Para santri siap mengawal ittifaq (kesepakatan) masyayikh," imbuh salah satu tim perumus kesepakatan dukungan masyayikh kepada Jokowi-Ma'ruf Amin.

Baca juga : KH Marzuki Mustamar : Barangsiapa Ikut Kekuatan Politik yang Terobsesi Menghancurkan NU, Segera Bersyahadat!

Ada empat poin yang tertuang dalam deklarasi yang ditandatangani oleh 50 kiai terkemuka itu, 

Yaitu :

1. Para Masyayikh Pasuruan Raya menyadari bahwa Pemilu Presiden dan Wakil Presiden adalah bagian dari nashbul imamah yang merupakan kewajiban agama. Dan pemimpin yang wajib dipilih adalah figur yang dapat mengemban amanat maslahah diniyah.

2. NKRI adalah ruang untuk menegakkan maslahah diniyah ala thoriqoti Ahlussunnah wal Jamaah An-nahdliyah. Mempertahankan NKRI adalah bagian dari kewajiban agama menegakkan syiar Ahlussunnah wal Jamaah An-nahdliyah.

3. Para masyayikh Pasuruan Raya berittifaq bahwa pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Bapak Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin adalah pasangan yang paling tepat dalam mengemban amanat menegakkan maslahah diniyah ala thoriqoti Ahlussunnah wal Jamaah An-nahdliyah.

4. Para masyayikh Pasuruan Raya bersepakat untuk memenangkan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Bapak Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin dan menyerukan seluruh warga Nahdlatul Ulama untuk memilih pasangan nomor 01 demi tegaknya Ahlussunnah wal Jamaah An-nahdliyah dan keutuhan bangsa. [Tribunsantri]

Bagikan: