Datang ke Sidogiri, Kiai Ma’ruf Diberi Sorban Milik Kiai As’ad Situbondo

Datang ke Sidogiri, Kiai Ma’ruf Diberi Sorban Milik Kiai As’ad Situbondo

Tribunsantri.com - KH Ma’ruf Amin datang ke kediaman KH Nawawi Abdul Jalil, di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri, Rabu (13/2/2019). Mendapat sorban hingga menjemput dukungan disebut-sebut jadi agenda pertemuan tertutup kali ini.

Dengan pengawalan ekstra ketat, Kiai Ma’ruf tiba dan disambut langsung Kiai Nawawi, Pengasuh Ponpes Sidogiri, sekitar pukul 16.00 WIB.

Cawapres nomor urut 01 ini, langsung masuk ke kediaman Kiai Nawawi hingga kemudian lakukan pertemuan tertutup.

Namun, kurang 10 menit, Kiai Ma’ruf keluar dan bersama Kiai Nawawi, berjalan menuju komplek makam, tak jauh dari kediaman, lakukan ziarah.

Diketahui, di komplek pemakaman ini, tempat dikebumikannya KH Nawawi Nurhasan, KH Abdul Adim, KH Abdul Jalil, dan KH Nurhasan Bin Nawawi.

Setelah sekian waktu, kedua tokoh sentral tersebut kembali masuk rumah dan lakukan pertemuan tertutup.

Tak banyak diungkap oleh Kiai Ma’ruf, saat keluar rumah dilanjut dengan foto bersama dengan Kiai Nawawi. Hanya saja, tampilannya sedikit berbeda, karena sorban berwarna coklat terlihat menggelayut di leher. Sebelumnya, pasangan Joko Widodo di Pilpres 2019 ini, mengenakan sorban berwarna putih, khas miliknya.

Terungkap kemudian, bila sorban berwarna coklat itu, sebelumnya milik Kiai As’ad Situbondo (alm), yang diberikan melalui tangan Kiai Nawawi.

Di sisi lain, kehadiran Rais ‘Aam PBNU sejak 2015 itu, disebut-sebut menjemput dukungan kiai Pasuruan. Sekedar informasi, pada Minggu kemarin puluhan kiai di Pasuruan Raya menyusun sejumlah kesepakatan (ittifaq), hingga menyatakan diri mendukung dan memenangkannya.

“Ya,” ujarnya ketika menjawab soal sorban dan dukungan kiai di Pasuruan.

Jawabannya terhenti, setelah tim pengaman, meminta media ini menjauh dari mobil yang ditumpangi, keluar dari areal Ponpes Sidogiri, sekitar pukul 17.00 WIB. 

Video dukungan KH Nawawi Abdul Jalil kepada Kiai Maruf Amin :


[Wartabromo]

Bagikan: