Beredar Video Habib Rizieq Berjoget Bersama Penari Perut, Ini Faktanya

Beredar Video Habib Rizieq Berjoget Bersama Penari Perut, Ini Faktanya

Tribunsantri.com - Beredar sebuah video yang menampilkan seorang perempuan sedang menari dengan Habib Muhammad Rizieq Shihab dan diiringi lagu berbahasa Hindi.

Dalam video tersebut, tokoh Islam Indonesia yang dikenal sebagai pemimpin dan pendiri organisasi Front Pembela Islam (FPI) itu juga seperti ikut menari dengan penari perut (belly dancer).

Baca juga : Majelis Syuro PKS Ziarah Makam Wali dan Tahlilan, Warga NU Diminta Hati-hati Manuver Politik PKS

Video itu diunggah akun facebook (FB) atas nama Leo Hammer . Dalam video yang sudah dibagikan sebanyak 69 kali saat tangkapan layar ini diambil, Sabtu 16 Februari siang, juga diberisi narasi: "Pantes aja dia ga mao pulang2". Namun, pada Selasa (19/2/2019), unggahan tersebut sudah hilang dari akun tersebut.


Beredar Video Habib Rizieq Berjoget Bersama Penari Perut, Ini Faktanya


Baca juga : Tak Mau Partainya Mati Gara-gara Dukung Prabowo-Sandi, SBY Bebaskan Kader Demokrat Dukung Jokowi-Kiai Ma'ruf

Hasil penelusuran Adi Syafitrah, salah seorang member grup FB Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH), menyimpulkan bahwa video yang diunggah oleh akun Leo Hammer tersebut sudah mengalami proses penyuntingan.

"Hasil penelusuran menggunakan 'image search' milik google, video asli sudah diunggah pada tahun 2015, tanpa adanya lagu berbahasa Hindi dan penari perut," ujar Adi dalam debunk-nya, Sabtu.

Baca juga : Tantang Sugi Nur, Ustadz Ujang Busthomi: Sudah Muak Liat Kelakuan Dia

Sebagaimana dalam video yang di-upload di channel YouTube Anak Mamih dengan judul: "Ceramah Lucu Habib Rizieq Gaya Mike Tyson".

Video

Dalam ceramahnya tersebut, Habib Rizieq membandingkan cara seorang pembawa acara ketika mempersilahkan seorang penceramah menyampaikan ceramahnya.

Baca juga : [Video] Sugi Nur Tantang Duel Kabid Humas Polda Jatim

Intinya, video asli berisi tentang ceramah Habib Rizieq yang menunjukkan bagaimana perbedaan pembawa acara ceramah dan acara tinju. 

"Jadi, video yang dibagikan akun Leo itu adalah hoaks. Konten yang dimanipulasi dengan tujuan membangun premis," ujarnya. [Okz]

Bagikan: