Kiai Ma'ruf Kisahkan Cara Nabi Hadapi Haters

Kiai Ma'ruf Kisahkan Cara Nabi Hadapi Haters

Tribunsantri.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin melakukan pertemuan dengan Relawan Milenial Jokowi-Ma'ruf Amin atau disingkat Remaja. 

Dalam pertemuan tersebut, Kiai Ma'ruf mendapat pertanyaan dari relawan tentang cara menghadapi haters yang sudah tidak asing di media sosial.

Menjawab pertanyaan tersebut, kiai Ma'ruf mengutip cerita di salah satu ayat al-Qur'an.

Kiai Ma'ruf menyebut bahwa nabi Musa dan nabi Harun diperintah oleh Allah SWT untuk menasehati Firaun, manusia durjana karena mengaku sebagai tuhan.

Walaupun demikian, sebut kiai Ma'ruf, Allah SWT memerintahkan kepada nabi Musa dan nabi Harun agar menasehati Firaun dengan ucapan yang santun, bukan malah membalasnya dengan kata-kata yang kasar.

"Kritik marah itu bahkan di Alquran itu ada cerita tentang Nabi Harun dan Nabi Musa. Oleh Allah, suruh nasihati Firaun. Firaun itu kan durjana sekali, ngaku Tuhan. 'Saya Tuhanmu paling tinggi'," kata Ma'ruf Amin di kediamannya, Jalan Situbondo Nomor 12, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/12/2018).

"Tapi perintah Allah, 'Katakan kepada Firaun itu, wahai Musa dan Harun, dengan ucapan yang santun'," imbuh Ma'ruf. 

Untuk itu, lanjut kiai Ma'ruf, seorang haters yang kerap melontarkan kritik dan nyinyiran hendaknya disikapi dengan santun. Manusia durjana sekelas Firaun saja harus dihadapi dengan baik, apalagi hanya haters.

"Apalagi cuma haters, cuma kritik, cuma apa ya, nyindir. Apalagi cuma seperti itu. Karena itu, hanya, kalau ulama itu sabar, santun. Karena itu, kita menanggapinya dengan senyum saja," sebut Ma'ruf. [Detik/tribunsantri]

Bagikan: