Gus Muwafiq: Indonesia adalah Keajaiban Dunia

Gus Muwafiq: Indonesia adalah Keajaiban Dunia

Tribunsantri.com - KH Ahmad Muwafiq mengatakan bahwa Indonesia adalah keajaiban di dunia sebab penduduknya terdiri dari beratus-ratus suku bangsa, bahasa, beragam agama dan kepercayaan, warna kulit, berbeda pulau, zona waktu, tapi berada dalam satu negara. 

“Di sini ada puluhan bangsa dipikul satu negara. Wajahnya berbeda, bahasa, di Surabaya aku, di Solo aku, di Kebumen nyong, di sini (Sunda) abdi, di sini (Betawi) gue, makanannya juga beda,” katanya saat berceramah di Halaman Gedung PBNU, Jakarta, Selasa (25/12) malam. 

Sebagai sebuah keajaiban, kiai yang akrab disapa Gus Muwafiq mengajak untuk membandingkan dengan Timur Tengah. Di Timur Tengah, kata dia, suku bangsa dan bahasa Arab dipikul oleh beberapa negara. Begitu juga di Eropa.    

Menurut kiai yang tinggal di Yogyakarta ini, kreator yang mengatur politik dan kebudayaan Indonesia menjadi sedemikian rupa tersebut adalah para wali. 

“Bagaimana sebuah kawasan yang sebelumnya ada hamba, raja, berkasta, bersuku, kok bisa menjadi satu, ini kan keajaiban dunia,” lanjutnya. “Wali Songo merupakan agen of social change, yang membawa dari masa kegelapan ke zaman terang benderang.” 

Namun, ia menyayangkan saat ini ada kalangan yang mengingkari kreasi Wali Songo tersebut. Bahkan ada yang menganggapnya bahwa keberadaan Wali Songo adalah ilusi. 

Kegiatan yang bertajuk "Untuk Indonesia Aman dan Damai" tersebut diselenggarakan dalam rangka doa bersama untuk korban tsunami Selat Sunda. Kegiatan diawali dengan shalawat nabi, istighotsah, dan tawasul dipimpin KH Misbahul Munir Kholil. [nuonoine]

Bagikan: