Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Memakai dan Melepas Pakaian (Baju, Sarung, Surban, Sandal Dll)

Doa Memakai dan Melepas Pakaian (Baju, Sarung, Surban, Sandal Dll)
Doa Memakai Pakaian

Dalam kitab Ibnu Sunni dari Abu Said al-Khudri dijelaskan bahwa kanjeng nabi Muhammad SAW ketika memakai pakaian, baik baju kurung, selendang atau surban, membaca doa : 


بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ 

Bismillaahi, Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa'a'uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu

Artinya: "Dengan nama-Mu ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya"

Doa Memakai dan Melepas Pakaian (Baju, Sarung, Surban, Sandal Dll)
Doaharianislami.com

Doa Memakai Baju Baru

Sedangkan ketika hendak memakai baju baru, sebagaimana diriwayatkan oleh Mu’adz bin Anas ra, kanjeng nabi Muhammad SAW membaca : 


اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rizeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku"

Dalam hadits disebutkan bahwa barang siapa membaca doa tersebut ketika melepas pakaian maka dosa yang telah diperbuatnya diampuni oleh Allah SWT.




Selai itu, dalam riwayat lain kanjeng nabi membaca :


اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيهِ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

Artinya : Ya Allah, hanya kepada-Mu segala pujian. Engkau yang telah memakaian baju. Saya memohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan apa yang diproduknya. Dan saya berlindung kepada-Mu darinya dan dari apa yang diproduknya.”


Doa Memakai dan Melepas Pakaian (Baju, Sarung, Surban, Sandal Dll)
http://at-tazkirahal-islamiyyah.blogspot.com/

Doa diatas tidak hanya untuk memakai pakaian seperti baju, sarung dan celana akan tetapi bisa dibaca ketika memakai sepatu, sandal dan selainnya.

Dan disunnahkan ketika memakai pakaian memulai dengan yang kanan serta memulai dengan yang kiri ketika hendak melepasnya.

Hal ini berdsarkan hadits Sayyidah A’isyah ra yang diriwayatkan oleh imam Bukhori dan Imam Muslim dimana kanjeng nabi senang memulai dengan anggota kanan ketika melakukan suatu pekerjaan.

Doa Melepas Pakaian
بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ

Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa

Artinya: "Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya"


Doa Memakai dan Melepas Pakaian (Baju, Sarung, Surban, Sandal Dll)
Doaharianislami.com
Demikian doa memamai dan melepas pakaian, semoga bermanfaat. 

#KumpulanDoa

Referensi : Al-Adzkar (Imam Nawawi)