Suara Santri Bisa Dongkrak Elektabilitas Capres

Suara Santri Bisa Dongkrak Elektabilitas Capres

Tribunsantri.com - Jumlah santri di Indonesia secara proporsi sangat besar sehingga bisa mendongkrak elektabilitas calon tertentu yang bertarung di Pemilu, baik pilkada, Pileg maupun Pilpres.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutir Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago.

"Wajar karena ceruk segmen suara santri ini cukup besar dan bisa mendongkrak elektabilitas”, kata Chaniago.

Menurut Chaniago, untuk mendekati para santri yang jumlahnya tak terhitung itu tentu akan sulit, namun bukan berarti tidak ada cara mendekati mereka. Ada tradisi unik di kalangan orang-orang pesantren yaitu patuh terhadap apapun yang dititahkan kiai. 

Nah, Chaniago melanjutkan, untuk mendapatkan simpati dari kalangan santri cukup berkunjung ke kiai yang punya pengaruh besar dikalangan santri.

"Secara kultural para santri sangat manut, taat, dan patuh pada titah para kiai yang meraka anggap sebagai pemimpin dan guru mereka. Dengan demikian, suara santri ada di tangan kiai," ujarnya.

Namun demikian, para politikus yang akan mencari dukungan kiai harus cerdas dan lebih sensitif, sebab para kiai di pesantren punya pengalaman dan lihai dalam menghadapai situasi politik dimana mereka menjadi rebutan para kontestan. [Republika/tribunsantri]

Bagikan: