MUI Sebut Bukan Bendera HTI, Polda Jabar: Berdasar Pemeriksaan Saksi yang Dibakar Itu Bendera HTI



MUI Sebut Bukan Bendera HTI, Polda Jabar: Berdasar Pemeriksaan Saksi yang Dibakar Itu Bendera HTI

Tribunsantri.com - Kepolisian bergerak cepat melakukan pemeriksaan terhadap peristiwa pembakaran bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang bertuliskan kalimat tauhid di Garut Jawa Barat.

Setelah dilakukan pemeriksaan, polisi menegaskan bahwa yang dibakar tersebut bendera HTI.


Baca juga : Identitas Terbongkar, Polisi Buru Pembawa Bendera HTI


"Berdasarkan hasil pemeriksaan bahwa bendera yang diambil dan dibakar itu bendera HTI," ujar Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (23/10/2018).


Lebih jauh, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan, kesimpulan tersebut didapat berdasarkan bukti petunjuk dan keterangan saksi.


"Kenapa Bapak (Kapolda) bilang itu, ya ada petunjuk keterangan. Kita berdasarkan petunjuk dan keterangan saksi," ucap Truno.


Baca juga : Gus Yaqut Tegaskan GP Ansor Siap Hadapi Tuntutan Pembubaran Banser Terkait Peristiwa Pembakaran Bendera Ormas Terlarang HTI


Tidak hanya itu, polisi juga menemukan petunjuk dari video yang beredar di media sosial. Bukti-bukti itu, kata dia, akan dianalisis lebih lanjut dengan meminta bantuan ahli.


"Keterangan ditambah petunjuk nanti ada keterangan ahli. Nah besok digelarkan," kata Truno.


Baca juga : Terkuak Rencana Busuk HTI untuk Rusak Hari Santri di Garut


Sebelumnya, Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan yang dibakar tersebut bukan bendera HTI karena tidak ada tulisan 'Hizbut Tahrir Indonesia'.

"Dalam perspektif MUI karena tidak ada tulisan 'Hizbut Tahrir Indonesia', maka kita mengatakan kalimat tauhid. Kalau menjadi milik partai kelompok harus ada desain yang berbeda atau warna yang berbeda tidak persis meng-copy seperti dalam sejarah," Waketum MUI Zainut Tauhid Sa'adi dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (23/10/2018). [detik/tribunsantri]


Bagikan: