Ikut Peringati Hari Santri, Besok Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Jabar Pakai Sarung Dan Peci

Ikut Peringati Hari Santri, Besok Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Jabar Pakai Sarung Dan Peci

Tribunsantri.com - Hari Santri Nasional (HSN) merupakan peringatan untuk mengenang jasa para ulama dan santri atas perjuangan mengupayakan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Peringatan hari santri digelar di seluruh wilayah Indonesia yang melibatkan para ulama, santri dan masyarakat umum.

Baca juga : Pimpin Apel Hari Santri, Jokowi Beberkan Program untuk Pondok Pesantren

Tidak mau ketinggalan, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) besok (Senin, 22 Oktober) akan mengenakan pakaian yang menjadi ciri khas santri seperti sarung, baju koko dan peci bagi laki-laki untuk ikut memperingati Hari Santri Nasional.

Hal itu dikatakan oleh wakil gubernur Jabar, Uu Ruzmanul Ulum. Uu mengatakan, pakaian tersebut merupakan bentuk penghormatan terhadap HSN yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Lebih lajut Uu menjelaskan, santri layak untuk dihormati dan dihargai karena mereka merupakan komunitas pelajar yang berada di garda terdepan dalam perjuangan meraih kemerdekaan Indonesia.

"Jadi, wajar sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para santri kita menggunakan pakaian ala santri. Memakai (sarung) ini sebagai bentuk penghormatan kepada para ulama bukan hanya santri. Karena sebenarnya Hari Santri adalah Hari Ulama, jadi menghormati santri sama dengan menghormati ajengan (ulama)," kata Uu Ruzhanul Ulum.

Melalui imbauan ini, Uu pun berharap bisa meningkatan keimanan dan ketaqwaan para ASN Pemda Provinsi Jabar. Hal ini identik dengan para santri yang memiliki akhlak dan karakter, serta keimanan dan ketaqwaan yang baik.

Dengan semangat hari santri, Uu berharap para aparatur negara hendaknya tidak hanya mementingkan pendidikan yang bersifat duniawi saja, tapi juga harus memperhatikan pendidikan untuk bekal akhirat.

"Jangan sampai masyarakat hari ini mementingkan duniawi saja. Saya ingin imbauan ini ditaati oleh ASN, karena imbauan ini ada manfaatnya” katanya [rmol/tribunsantri]

Bagikan: