Gus Ipul Persilahkan Ustadz Somad Ceramah di Jawa Timur

Gus Ipul Persilahkan Ustadz Somad Ceramah di Jawa Timur

Tribunsantri.com - Penolakan ceramah Ustadz Abdul Somad di sejumlah daerah di Jawa Timur mendapat perhatian dari Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Wakil Gubernur dua periode itu berharap ustadz Somad tidak membatalkan agenda ceramah yang telah dijadwalkan.

"Saya berharap Ustadz Abdul Somad bisa tetap berdakwah sesuai dengan jadwal yang telah diagendakan," ujar Gus Ipul Rabu (5/9/2018).

Baca juga : Cak Imin Undang Ustaz Abdul Somad Bertemu Kiai NU

Gus Ipul melanjutkan, di Pondok Pesantren Ploso, Mojo, Kediri, telah melakukan beberapa persiapan untuk menyambut kedatangan ustadz Somad.. 

"Itu salah satunya di Jawa Timur dan di beberapa kabupaten, lebih-lebih kalau yang saya tahu di Ponpes Ploso itu sudah mempersiapkan," lanjutnya. 

Bahkan menurutnya, dalam acara di pondok pesantren Ploso nanti juga merupakan majelis yang cukup besar dimana akan dihadiri sejumlah ulama, alumni dan para ustadz.

"Dan ini juga merupakan suatu majelis yang cukup besar dihadiri oleh ulama, alumni ya ustad-ustad dari berbagai daerah di Jawa Timur dan juga di luar Jawa Timur. Yang kumpul banyak sekali, ini kesempatan yang baik yang menurut saya sangat baik kalau Ustaz Abdul Somad bisa langsung hadir," kata Gus Ipul. 

Gus Ipul pun menjamin keamanan bagi ustadz Somad. Kehadiran alumni Al Azhar Mesir di Jatim akan menepis isu bahwa terjadi perpecahan di tengah masyatakat.

Baca juga : Uastadz Abdul Somad Batalkan Ceramah di Kota Malang, Panitia Kecewa

Terkait adanya kecurigaan bahwa Ustadz Somad dekat dengan kelompok semacam HTI yang getol menyuarakan sistim khilafah, Gus Ipul menilai ustadz Somad merupakan pendakwah yang cinta NKRI. Tidak beralasan jika kehadiran ustadz Somad ditolak.

"Saya lihat UAS cinta NKRI. Dakwah yang disampaikan oleh UAS cukup menginspirasi kita semua. Kalau ada pandangan berbeda silakan, tapi selama ini UAS ke Jatim juga tidak ada apa-apa. Jadi saya sayangkan kalau sampai batal," tambahnya.

Untuk itu, Gus Ipul menegaskan, di Jawa Timur tak ada penolakan terhadap dakwah ustad Somad. Terbukti, ia pernah melalukan ceramah di Jawa Timur dan tak ada masalah.

"Bagi saya, sepengetahuan saya, yang saya tahu tidak ada penolakan dakwah Ustaz Abdul Somad di Jawa Timur. Bahkan beberapa waktu lalu Safari di Jawa Timur, Safari dakwahnya juga berjalan lancar," ungkapnya. [Detikcom/tribunsantri]

Bagikan: