Cak Imin Undang Ustaz Abdul Somad Bertemu Kiai NU

Cak Imin Undang Ustaz Abdul Somad Bertemu Kiai NU

Tribunsantri.com - Panglima Santri Nusantara A Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengundang Ustadz Abdul Somad untuk berdialog dengan sejumlah tokoh dan kiai NU. 

Cak Imin menjelaskan, dialog antara Ustadz Somad dengan para kiai NU diperlukan mengingat, selama ini pendakwah asal Riau itu terkesan dekat dengan kelompok yang mengusung khilafah, bahkan pernah berceramah di acara yang digelar HTI.

“Saya kira, saya mengundang Ustaz Abdul Somad untuk bertemu tokoh-tokoh NU supaya terjadi dialog terbuka apa yang menjadi kecurigaan masyarakat tentang HTI," ujar Cak Imin Senin (3/9/2018).

Nah, dengan adanya dialog itu, diharapkan Ustadz Somad bisa menjelaskan bagaimana pola pikirnya tentang kebangsaan.

"Tentang pola pikir yang mungkin sudah dibantah Ustaz Abdul Somad dan mendapatkan dukungan merata di kalangan masyarakat," imbuhnya. 

Cak Imin mengaku dirinya sudah pernah bertemu dengan Ustadz Somad. Menurutnya, Ustadz Somad mempunyai pandangan yang sama tentang NKRI, Kebhinnekaan dan Pancasila.

"Saya beberapa waktu yang lalu menemui pimpinan-pimpinan MPR dengan Ustaz Abdul Somad, pada prinsipnya Pak Ustadz Abdul Somad itu punya pandangan yang sama tentang NKRI, kebhinekaan dan Pancasila," lanjutnya. 

Oleh karena itu, untuk menghilangkan kecurigaan masyarakat terhadap sosok Ustadz Somad diperlukan dialog dengan para kiai. Di forum ini Utadz Somad bisa mengklarifikasi bahwa dirinya tidak berpaham HTI.

"Dulu ada pandangan seolah-olah HTI, sudah dibantah oleh Ustadz Abdul Somad Oleh karena itu dialog klarifikasi menjadi dibutuhkan agar tidak ada kecurigaan ataupun penghadangan," pungkasnya. [detikcom/tribunsantri]

Bagikan: