Kiai Ma'ruf Nonaktif, Untuk Sementara MUI Dipimpin Yunahar Ilyas - Zainut Tauhid

Kiai Ma'ruf Nonaktif, Untuk Sementara MUI Dipimpin Yunahar Ilyas - Zainut Tauhid

Tribunsantri.com - KH Ma'ruf Amin dipilih Joko Widodo sebagai cawapres pada pilpres 2019. Ada dua jabatan keagamaan yang dipegang oleh cicit Syekh Nawawi Banten itu. Yaitu Ketum Majlis Ulama Indoensia (MUI) dan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Untuk jabatan di PBNU, akan ditentukan setelah Kiai Ma'ruf pulang dari Mekah. PBNU akan melakukan rapat gabungan antara pengurus Tanfidziyah dan Syuriah.

Baca juga : Kesaksian Santri Yang Kagum Terhadap Kondisi Kesehatan Kiai Ma'ruf Amin Selama di Mekkah

Sedangkan di MUI, Kiai Ma'ruf memilih nonaktif. Untuk sementara, posisi beliau digantikan oleh Yunahar Ilyas dan Zainut Tauhid yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua umum.

"Tampuk kepemimpinan MUI akan diemban oleh dua Wakil Ketua Umum yakni Prof Dr Yunahar Ilyas dan H. Zainut Tauhid Sa'adi," kata Zainut dalam keterangannya, Rabu (29/8/2018).

"Jadi roda organisasi tetap berjalan normal seperti biasa, meski Ketum kita nonaktif," ujar Zainut.

Baca juga : Dianggap Selevel Gusdur, Masyarakat Papua Gembira Jokowi Pilih Kiai Ma'ruf Amin Sebagai Cawapres

Keputusan nonaktifnya Ma'ruf sebagai Ketum MUI didasarkan atas pertimbangan agar beliau bisa fokus membantu Jokowi dalam mensukseskan pilpres 2019.

"Beliau ingin berfokus mengerjakan amanat karena dipercaya sebagai cawapres Jokowi sebagaimana fokusnya beliau mengabdi di MUI selama ini," jelas Zainut. (Detik/tribunsantri.com)

Bagikan: