Jokowi Tegaskan Kemerdekaan Palestina Prioritas Indonesia


Jokowi Tegaskan Kemerdekaan Palestina Prioritas Indonesia

Tribunsantri.com - Presiden RI Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kemerdekaan Palestina menjadi prioritas yang diperjuangkan Indonesia di saat resmi menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (DK PBB).

Hal itu disampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta itu saat menyampaikan pidato kenegaraan di gedung MPR, Jakarta, Kamis (16/8).

“Kemerdekaan Palestina jadi prioritas kita sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Indonesia punya komitmen itu,” kata Jokowi.

Dalam pidatonya, Jokowi merujuk pada pembukaan Undang-undang Dasar (UUD) 45 yang memberi amanat bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa.

Diantara bangsa yang saat ini belum merasakan kemerdekaan adalah Palestina. Palestina, hingga detik ini, masih berada dalam penjajahan Israel.

Jokowi pun menyebut, diantara alasan Indonesia diterima sebagai anggota tidak tetap DK PBB, karena Indoensia konsisten menjaga perdamaian dunia dan kemerdekaan, sehingga dunia Internasional percaya terhadap komitmen tersebut.

“Dunia telah percaya kepada kita untuk menjaga keamanan dunia sehingga mempercayai kita sebagai anggota tidak tetap DK PBB,” pungkasnya. [rmol]

Bagikan: