Dari Panggung Silaturrahmi NU Sedunia di Mekah, Kiai Ma'ruf Amin Gelorakan NU All-Out Dukung Jokowi di Pilpres


Dari Panggung Silaturrahmi NU Sedunia di Mekah, Kiai Ma'ruf Amin Gelorakan NU All-Out Dukung Jokowi di Pilpres

Tribunsantri.com - Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ma'ruf Amin menegaskan NU siap mendukung penuh pasangan Capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf pada pemilihan presiden 2019.

Hal itu dikatakan cicit Syekh Nawawi Al Bantani tersebut saat berbicara di “Silaturrahmi NU Sedunia” di Mekah, Arab Saudi, Sabtu (18/8).

"Ini merupakan komitmen dan tanggung jawab NU kepada bangsa dan negara. Maka ketika saya dipilih, PBNU siap untuk mendukung pasangan yang ada di dalamnya wakil NU," ujar Ma'ruf.

Selain itu, Kiai Ma'ruf juga menyinggung masalah dinamika beberapa waktu yang lalu terkait sosok yang akan dipilih Jokowi sebagai cawapres.

Beliau menolak anggapan bahwa dirinya melakukan manuver agar dipilih Jokowi. Baik secara pribadi maupun atas nama PBNU, beliau bersikap pasif, tidak terlalu bernafsu mengejar posisi yang sekarang kebetulan dipercayakan kepadanya.

"Saya hanya pasrah saja. Kalau dilarang oleh NU, saya menerima," ujar Ma'ruf.

Kiai Ma'ruf juga mengatakan sejak awal berdirinya, NU berkomitmen untuk terlibat dalam membantu negara. Oleh karenanya, NU akan merelakan kadernya diambil negara untuk mengabdi.

"Andai kata putra-putrinya yang terbaik diminta oleh negara, maka kita relakan dia. Kita tawarkan kepada negara, ambil silakan, siapa kader yang bisa untuk melakukan pengabdian," tutur Ma'ruf.

Bahkan tokoh yang juga ketum MUI tersebut mengatakan seandainya yang dipilih Jokowi bukan dirinya, PBNU tetap alam mendukung.

"Karena itu, ketika mengenai cawapres, PBNU menyepakati siapa saja di antara pengurus PBNU yang dipilih oleh Presiden Jokowi, NU akan dukung dan bantu secara penuh. Termasuk kalau yang diperlukan itu adalah rais aam itu sendiri," sambung Ma'ruf. [detik]

Bagikan: