Mahfud MD Dinilai Paling Komplit Jadi Cawapres Jokowi


Mahfud MD Dinilai Paling Komplit Jadi Cawapres Jokowi

Tribunsantri.com  Presiden- Joko Widodo hingga kini belum menentukan siapa yang akan dijadikan sebagai Cawapres. 

Beberapa nama yang beredar di media seperti yang sudah pernah disebut oleh Ketum PPP M Romahurmuzy masih mengambang, tidak ada kejelasan siapa yang akhirnya akan dipilih Jokowi.

Namun demikian, pakar komunikasi politik Lely Arrianie menilai, dari sekian nama tersebut, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD merupakam sosok yang mempunyai kemampuan lengkap.

Ia pun mempertanyakan sikap parpol yang berada di barisan pendukung Jokowi yang tidak langsung memilih pria asal Madura itu sebagai Cawapres.

"Ada beberapa calon yang diajukan, salah satunya Mahfud MD. Kalau kita lihat background dia, saya lihat Pak Mahfud paket lengkap. Dia pernah di legislatif, pernah di yudikatif, dosen dan dia juga dari kalangan Islam, dan menurut saya sangat komplit. Tapi kadang-kadang parpol tidak mempertimbangkan hal itu," papar Lely.

Apa yang dikatakan Lely sangat beralasan, sebab, dari sekian nama yang muncul, Mahfud merupakan tokoh yang sudah pernah menduduki jabatan di Legislatif, Eksekutif dan Yudikatif.

Pada 1999, Mahfud menjadi plt staf ahli dan deputi mentri negara yang mengurusi HAM. Lalu pernah duduk sebagai mentri pertahanan pada pemerintahan Gus Dur.

Di legislatif, ia pernah tercatat sebagai anggota Komisi III DPR RI dan wakil ketua Badan Legislatif DPR 2004-2008.

Tidak berhenti disitu, pria yang kini menjadi anggota dewan pengarah Pancasila itu pernah menjadi ketua MK 2008-2013.

Sementara terkait keraguan babnyak pihak terhadap kemampuan Mahfud di bidang ekonomi, Lely justru tidak khawatir. Menurut Lely Mahfud akam mampu menjadi pembantu Jokowi di bidang ekonomi.

"Saya tanya siapa lagi yang bisa membuat paket lengkap seperti itu. Orang yang menguasai ekonomi belum tentu menguasai soal umat dan hukum," ujarnya. [rmol]

Bagikan: