Ups, Jokowi Sudah Kantongi Calon Panglima TNI yang Baru



Ups, Jokowi Sudah Kantongi Calon Panglima TNI yang Baru

TRIBUNSANTRI.COM – Menko Polhukam Wiranto mengatakan Jokowi sudah mengantpngi nama calon Panglima TNI yang akan menggantikan Jendral Gatot Normantyo.

"Jadi mengangkat panglima TNI pada kondisi objektif bangsa ini. Siapa, tentu beliau (Jokowi) sudah punya pilihan," ujar Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Menurut Wiranto,  pemilihan nama pengganti Jendral Gatot tersebut sudah melalui pertimbangan yang matang. 
Karena itu, Wiranto meminta semua pihak tidak perlu meributkan pergantian, termasuk matra yang akan menggantikan Gatot.

Jelang masa pensiun Gatot, Jokowi diharapkan memberi kesempatan pada matra angkatan udara untuk mengisi jabatan panglima TNI. Sebab, posisi panglima TNI sejak 2007 hanya dijabat oleh angkatan laut dan darat.

"Tidak usah dipolemikkan. Saya kira cukup banyak para perwira di negeri ini yang mampu menjalankan jabatan seperti itu," ucap mantan Panglima ABRI ini.

Wiranto berharap, panglima TNI baru nanti dapat menjamin keamanan Indonesia terutama jelang pilkada serentak 2018 dan pemilihan presiden (pilpres) 2019.

Gatot menjabat sebagai panglima TNI sejak 8 Juli 2015. Mengacu pada UU TNI, pergantian panglima harus melalui persetujuan DPR.

Pasal 13 ayat 4 Undang-undang (UU) TNI juga menyebutkan, panglima TNI dapat dijabat secara bergantian oleh perwira tinggi aktif dari tiap angkatan yang sedang atau tengah menjabat Kepala Staf Angkatan.  (Teropongsenayan)

Bagikan: