Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seputar Penyakit Diabetes: Penyebab, Gejala, dan Cara mencegah diabetes

Credit image : Google.com

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh. Diabetes juga dianggap sebagai penyakit yang disebabkan Karena kelainan reaksi kimia dalam hal penggunaan yang tepat dari karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan karena kekurangan hormon insulin. hormon insulin diproduksi oleh pankreas yang berguna untuk mengatur jumlah gula dalam darah. Gula darah dikatakan tinggi jika berada pada 126 mg / dl saat berpuasa dan tidak ebih dari 200 mg / dl dalam keadaan tidak berpuasa.

Kadar gula darah biasanya berkisar antara 120-140 mg / dl, 2 jam setelah makan atau minum cairan yang mengandung gula atau karbohidrat lainnya. Kadar gula darah yang normal, akan cenderung meningkat terutama bagi orang yang berusia 50 tahun ke atas dan juga orang yang tidak aktif secara kegiatan yang melibatkan fisik.

Akibat yang bisa dialami pada orang saat menderita diabetes adalah menurunnya fungsi organ tubuh dan menyebabkan timbulnya penyakit yang lain di dalam tubuh. Oleh sebab itu kadar gula darah dalam tubh yang tinggi sebainya tidak disepelekan. Naikny kadar gula darah bisa terjadi karena beberapa faktor dan umumnya terjadi 4 faktor berikut ini:

1.    Faktor Genetik
Penyebab diabetes yang bisa terjadi salah satu nya yaitu dikarenakan faktor genetik. Jika dalam satu  keluarga ada riwayat yang pernah menderita penyakit diabetes, maka kemungkinan besar untuk keturunan selanjutnya dapat menderita penyakit diabetes pula. Oleh sebab itu sangat ditekankan sekali bagi menjaga kesehatan dan juga kadar gula darah.

2.    Faktor Berat badan ( Obesitas )
Berat badan juga bisa mempengaruhi kesehatan, karena berat badan pun bisa menjadi suatu sumber penyakit, dan penyakit diabetes pun bisa terjadi dikarenakan berat badan yang berlebihan. Seseorang yang memiliki berat badan yang besar atau pun berlebihan kemungkinan besar dapat menderita berbagai penyakit, dan salah satu penyakit diabetes salah satu nya.

3.    Faktor Makanan
Penyebab diabetes juga bisa terjadi dari makanan yang dikonsumsi. Jika seseorang sering mengkonsumsi makan makanan yang tidak sehat seperti hal nya makanan yang banyak mengandung lemak tinggi atau pun memiliki kadar manis gula yang banyak, bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit diabetes. Oleh sebab itu kebiasan menjaga asupan makanan yang baik agar tidak mengalami naik nya kadar gula darah.

4.    Faktor Merokok
Sudah banyak peringatan bahwa rokok merupakan sumber berbagai penyakit. dan dari dulu di bungkus rokok sendiri dijelaskan bahwa merokok dapat menyebabkan penyakit ini dan itu. salah satu penyebab diabetes juga disebabkan karena merokok.

Berikut Gejala awal yang sering dirasakan oleh orang yang akan menderita Penyakit Diabetes Pada Umumnya :

  • Haus yang berlebihan atau disebut juga polidipsia
  • Sering buang air kecil dengan volume urin yang banyak
  • Rasakan lapar yang luar biasa (polifagi)
  • Sering merasa lelah karena kehabisan energi
  • Beberapa penderita diabetes ada menunujukkan gejala infeksi pada kulit
  • Gangguan penglihatan atau penglihatan menjadi kabur (rabun dekat ayam)
  • Berat badan menurun
  • Hyperglaisimia yaitu peningkatan kadar gula darah yang abnormal


Cara Mengatasi Diabetes
Jika ingin mengatasi diabetes, maka langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan menjauhi penyebab diabetes yang paling pertama. Oleh sebab itu agar penyakit diabetes dapat diatasi dengan baik, maka sebaiknya diusahakan agar menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh karena gula darah yang terlalu tinggi akan menyebabkan gejala diabetes terjadi atau pun kambuh. Nah, Jika anda ingin menurunkan kadar gula darah dengan cara alami, anda bisa menggunakan beberapa bahan herbal:

  • Buah mengkudu
  • Kemangi
  • Kunyit
  • Brotowali
  • Bunci


Itulah beberapa ulasan mengenai penyakit diabetes, penyebab, gejala,dan cara mencegah penyakit diabetes. Semoga artikel ini bermanfaat.