Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diabetes Mellitus dan jenis-jenisnya

credit image : google.com
Diabetes Melitus adalah sebuah penyakit metabolik kronis yang disebabkan tingginya gula darah (glukosa darah) dalam tubuh. Tingginya gula darah karena terjadi penurunan produksi insulin atau fungsi insulin. ketika produksi insulin berkurang atau terjadinya resistensi insulin pada jaringan tubuh sehingga glukosa darah yang seharusnya masuk, tidak dapat memasuki sel tubuh yang kemudian digunakan sebagai sumber energi tubuh. Hal inilah yang kemudian dapat mengakibatkan gejala diabetes seperti peningkatan rasa lapar dan haus, penurunan berat badan, kelelahan, dan sering mengalami infeksi. Komplikasi jangka panjang termasuk gagal ginjal, kerusakan saraf, dan kebutaan. 

Jenis Jenis Diabetes Melitus

1.    Diabetes Melitus Tipe 1
Diabetes Melitus jenis ini disebabkan oleh rusaknya sel beta pankreas sebagai penghasil hormon insulin sehingga penderita diabetes sangat kekurangan hormon insulin. Akibatnya, orang yang terkena penyakit diabetes tipe ini harus disuntik insulin secara teratur. Hormon Insulin sendiri adalah hormon yang bertanggung jawab mengatur kadar gula darah sebagai bagian dari metabolisme tubuh yang diproduksi oleh tubuh di dalam pankreas. hormon ini kemudian dikeluarkan oleh sel beta pankreas, terutama sebagai respons terhadap meningkatnya gula darah, misalnya setelah kita makan atau minum.

1 dari 10 penderita Diabetes Melitus tipe 1 ini kebanyakan terjadi sebelum usia 30 tahun. Para ilmuwan percaya bahwa faktor lingkungan (berupa infeksi virus atau faktor gizi pada masa anak-anak atau saat pertumbuhan menuju dewasa) menyebabkan kerusakan sistem kekebalan pada sel beta pankreas. Penyakit Diabetes Melitus tipe 1 ini memiliki kecenderungan untuk menular secara genetik.

2.    Diabetes Melitus Tipe 2
Diabetes Melitus jenis ini disebabkan oleh gangguan sekresi insulin dan resitensi insulin sehingga tubuh penderita tipe ini tidak merespon secara normal insulin yang dihasilkan tubuh dan membentuk kekebalan tersendiri sehingga terjadi kekurangan insulin relative. Tipe ini biasanya terjadi pada usia berkisar di atas 30 tahun dan 80% penderitanya mengalami obesitas.

3.    Diabetes Melitus Tipe Spesifik
Diabetes Melitus jenis ini disebabkan oleh faktor genetik (kerusakan genetik sel beta pankreas) juga akibat konsumsi obat-obatan maupun bahan-bahan kimia.

4.    Diabetes Melitus Kehamilan

Diabetes Melitus jenis ini disebut juga diabetes gestasional, terjadi pada sekitar 2-5% dari semua kehamilan. namun sifatnya hanya sementara dan akan sembuh setelah melahirkan. Namun demikian, ia berpotensi merusak kesehatan ibu hamil maupun janinnya, meningkatkan resiko kelahiran serta cacat pada janin dan penyakit jantung bawaan pada bayi. Selain itu, sekitar 40-50% dari penderita tipe ini menjadi penderita Diabetes Melitus tipe 2 di kemudian hari dalam waktu lima sampai 10 tahun kedepan