Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

apakah kurma aman untuk penderita diabetes?

Hasil gambar untuk kurma untuk diabetes
credit image: google.com
kurma adalah salah satu menu yang biasa disajikan ketika berbuka puasa. kurma mengandung kaya akan nutrisi yang baik mulaidari vitamin A, thiamine, vitamin B kompleks, folat, vitamin C, E, K, dan sejumlah mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, sodium, dan seng. Kurma juga mengandung serat yang tinggi (hampir separuh dari kebutuhan asupan harian), serta bebas lemak dan kolesterol.

Dengan semua kandungan nutrisi tersebut, kurma memang sangat baik bagi kesehatan. Namun, semua manfaat tersebut tidak semuany dapat dinikamti oleh penderita diabetes. Karena, kurma juga mengandung kadar gula yang tinggi berkat kandungan fruktosa, sukrosa, dan glukosanya. Bahkan kandungan karbohidratnya terbentuk dari kandungan gulanya.

Sebenarnya, kurma dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. namun dalam kadar jumlah yang terbatas. Porsinya harus benar-benar dijaga, paling banyak 3 biji kurma untuk sekali makan. Ketimbang menjadikannya sebagai cemilan, Anda bisa mencoba mencampurnya ke dalam kue atau hidangan gurih lainnya yang menjadi menu utama. Hindari mencampur kurma dengan makanan sehat lain yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, misalnya kacang atau madu.

Maka dari itu, Lebih disarankan bagi penderita diabetes agar mengonsumsi buah segar, dan makanan yang kandungan karbohidratnya tidak lebih dari 15 gram dari pada mengkonsumsi kurma.

Berikut ini beberapa fakta dari http://carasehatdiabetes.blogspot.co.id/2015/03/manfaat-buah-kurma-untuk-diabetes.html yang bisa dijadikan rujukan bagi penderita diabetes ketika hendak mengkonsumsi kurma.

1. Kurma mengandung Glukosa dan Fruktosa
Penderita diabetes biasanya berusaha untuk menghilangkan karbohidrat dari diet mereka sebagai usaha untuk menurunkan kadar gula darah. Daripada menghapusnya, mereka bisa menggantinya dengan karbohidrat sehat. Sebagai contoh, jika penderita diabetes mengkonsumsi seratus gram kurma maka secara tidak langsung mereka mengkonsumsi karbohidrat tujuh puluh lima gram. Fruktosa, glukosa dan sukrosa.  Ketiga zat tersebut berperan dalam menyediakan energi instan. Dalam berbagai penelitian mengungkapkan bahwa pasien diabetes dapat mengkonsumsi kurma saat mereka merasa lesu setelah bekerja dan menginginkan tubuhnya kembali bertenaga. Mereka bisa mengkonsumsi makan satu atau dua kurma untuk mendapatkan manfaat buah kurma dalam mengembalikan energi mereka.

2. Memiliki Indeks Glikemik rendah dan sehat
Penderita diabetes umumnya sangat berhati-hati dengan indeks glikemik makanan yang dikonsumsi. Hal ini karena makanan indeks glikemik tinggi adalah penyebab utama dalam meningkatnya tingkat gula dalam aliran darah. Para ahli telah membuktikan bahwa kurma memiliki indeks glikemik sehat. Indeks Glikemik kurma segar cukup bervariasi tergantung pada jenis kurma yang Anda konsumsi. Tingkat variasi kurma minimal 35,5 maksimum 49,7.

3. Bebas lemak dan bergizi
Mengendalikan berat badan pada penderita diabetes juga sama pentingnya. Mereka harus menghilangkan banyak makanan ringan yang biasa mereka konsumsi. Buah kurma yang bebas lemak dan kolesterol ini bisa dikonsumsi untuk mengendalikan rasa lapar. Banyak mineral yang terkandung dalam kurma yang berguna untuk melindungi tubuh dari penyakit. Mineral ini adalah besi, zinc, kalium, kalsium, fosfor, magnesium, dan juga tembaga. Mineral ini dibutuhkan dalam jumlah kecil, tetapi jika tubuh kekurangan nutrisi maka kondisi kesehatan mungkin memburuk. Kandungan zinc juga penting untuk meningkatkan produksi insulin. Sementara, kadar gula dalam tubuh diatur oleh magnesium.

4. Kurma mengandung Serat Makanan
Makanan berserat berfungsi untuk melancarkan percernaan. Delapan gram serat hadir dalam seratus gram kurma. Penelitian mengungkapkan bahwa serat larut hadir dalam kurma bernama Beta-D-glucan. Serat larut ini mengurangi penyerapan kolesterol oleh sel-sel tubuh. Glukosa akan diserap oleh usus halus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat gula darah tidak meningkat jika penderita diabetes mengkonsumsi kurma segar dalam batas yang ditentukan.


Demikian manfaat buah kurma bagi penderita diabetes, semoga bermanfaat.