Cara memanfaatkan umur panjang biar berkah


Cara memanfaatkan umur panjang biar berkah

TRIBUNSANTRI - Memiliki umur panjang merupakan dambaan setiap individu. Karena di masa senja, tubuh masih memiliki energi untuk beraktivtas sehari-hari.

Ustaz Rahman Soleh dari pondok pesantren Assyafi'iyah menyebutkan bahwa memiliki umur panjang bagi seseorang merupakan suatu keberkahan.

"Kalau memiliki usia panjang merupakan suatu keberkahan. Kesimpulannya bahwa memiliki usia panjang memang baik, jika diamalkan dengan amal baik," ucap Rahman kepada merdeka.com, Kamis (1/9).

Dilanjutkannya, bahwa sebaiknya memiliki usia panjang dapat dimanfaatkan dengan beribadah kepada Allah SWT. Sebab kewajiban seorang muslim adalah memanfaatkan kehidupannya dengan sebaik-baiknya.

"Mereka memiliki usia panjang, sebaiknya di umur kehidupannya dimanfaatkan sebaik-baiknya. Karena kewajiban seorang muslim, semenjak aqil balik sudah di pertanggungjawabkan segala amal perbuatannya," lanjutnya.

Rahman menganjurkan, apabila seorang individu memiliki umur panjang, dipergunakan waktu dengan sebaik-baiknya.

"Pergunakan waktu itu, Allah akan menghisab seseorang itu dengan pertama yang akan ditanya adalah umurnya dihabiskan untuk apa, kedua ditanya tentang ilmunya untuk apa, hartanya di mana dia dapatkan dan infakkan," terang Rahman.

Dia menyarankan, agar para orang tua yang memiliki umur panjang, sebaiknya mempergunakan untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

"Allah mencintai anak muda yang soleh dibandingkan orang tua yang memiliki umur panjang yang masih berbuat maksiat. Kalau sudah tua kemudian masih berbuat maksiat dikhawatirkan dia akan meninggal dalam kondisi suul khatinah. Karena paling penting dalam setiap perkara itu tergantung penutupnya," pungkas Rahman. [Merdeka]

Bagikan: