Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ANDA TERKENA DIABETES ? KENAPA TAKUT ? ASAL....

   




Dunia belum berakhir.Ya ! seperti judul sebuah lagu yang populer,dunia memang belum berakhir hanya karena anda terkena diabetes.
Diabetes memang dapat mengenai siapa saja tidak terkecuali anda dan saya sebagai dokter.Apakah seseorang itu kaya,miskin,orang terpelajar ataupun tidak berpendidikan,tinggal di perkotaan atau pedesaan, dari berbagai golongan usia dan berbagai suku semuanya dapat beresiko terkena diabetes.
Jika anda saat ini terkena diabetes,tidak perlu takut dan tidak perlu cemas namun juga tidak perlu mengingkarinya atau bersikap tidak peduli terhadapnya.Inilah yang harus anda lakukan :

1. Kendalikan diri anda.
Untuk tetap memiliki hidup yang sehat dengan diabetes, anda harus terlebih dahulu memiliki jiwa yang sehat. Mengendalikan diri berarti anda belajar mengatasi rasa panik atau takut yang mungkin anda rasakan.Stres memang tidak dapat dicegah ataupun dihindarkan namun dapat anda kendalikan dengan tetap memiliki pikiran yang tenang dan tetap optimis terhadap masa depan anda.

2. Terima diri anda apa adanya.
Penerimaan terhadap diri sendiri akan membuat anda memiliki nilai positif terhadap diri anda dan menyadari bahwa anda layak memperjuangkan yang terbaik untuk kesehatan anda dengan merawat diabetes pada tubuh anda sebaik-baiknya.

3.Tidak membuat perubahan besar secara sekaligus.
Anda memang terkena diabetes namun itu tidak berarti hidup anda harus berubah total. Memang akan ada beberapa perubahan yang akan anda lakukan namun semua dapat berjalan langkah demi langkah dan anda akan belajar beradaptasi/menyesuaikan diri dengan setiap perubahan dan anda akan menikmati dan menjalaninya dengan baik.
Bukankah semua orang yang ingin hidup sehat juga harus mengambil beberapa langkah perubahan ke arah yang lebih baik, untuk masa depan yang lebih baik? Tidak terkecuali anda dan saya tentunya.

4.Bertindaklah dengan bijaksana.
Tindakan ataupun langkah yang anda ambil akan menentukan arah hidup anda.Jika anda keliru mengambil sikap dalam penanganan diabetes anda,maka anda akan mengalami banyak permasalahan.
Anda akan mendengar dan menerima berbagai tawaran dan janji-janji untuk mengobati diabetes anda.
Tetapkan pilihan anda untuk mempercayakan penanganan diabetes anda pada tempat dan orang yang tepat.Banyak orang merasa mampu menangani diabetes dengan cara-cara dan pengobatan yang belum teruji secara klinis dan menempuh berbagai penelitian yang dapat dipercaya.
Langkah bijaksana yang harus anda lakukan adalah mempercayakan diri anda pada orang yang benar- benar memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam dunia kedokteran tentang diabetes.

5. Buat perencanaan masa depan anda.
4 pilar penanganan diabetes masih relevan sampai saat ini untuk anda terapkan. Seperti pilar pada bangunan rumah,dibutuhkan setidaknya 4 pilar penyangga agar rumah dapat tetap berdiri tegak.
Anda tidak bisa mengabaikan salah satupun dari ke 4 pilar penanganan diabetes agar anda tetap hidup sehat dengan diabetes.
Pilar pertama adalah edukasi. Anda perlu memperlengkapi diri dengan berbagai informasi yang benar tentang diabetes.Luangkan waktu anda untuk membaca blog ini yang berisi cukup banyak informasi tentang diabetes.Andapun dapat menghubungi lewat email untuk bertanya hal-hal lain yang ingin anda ketahui dan yang pasti anda akan mendapat edukasi tentang diabetes saat anda mengunjungi sarana kesehatan dan dokter yang tepat yang akan membantu anda dalam penanganan diabetes anda.

Pilar kedua adalah perencanaan/pengaturan makan. Anda akan belajar mengatur pola makan dan jumlah kalori dalam sehari-hari yang anda butuhkan untuk tetap sehat.Dokter dan ahli gizi akan membantu anda.
Dan harap diingat untuk tidak mengikuti berbagai mitos yang beredar di masyarakat yang akan menyesatkan anda.

Pilar ketiga adalah kegiatan jasmani /aktifitas fisik. Anda akan belajar melakukan olahraga atau kegiatan jasmani yang bermanfaat dalam pengendalian kadar glukosa darah anda.Tentunya disesuaikan dengan kondisi fisik dan kesehatan anda.

Pilar keempat adalah terapi obat- obatan. Karena obat- obatan adalah salah satu pilar, maka anda tidak bisa mempercayakan penanganan diabetes anda hanya dengan mengandalkan obat-obatan saja tanpa mengikuti ketiga pilar lainnya. Atau sebaliknya anda tidak bisa melakukan ketiga pilar lainnya dan mengabaikan tentang obat-obatan yang anda perlukan untuk penanganan diabetes.
Hanya sangat sedikit orang-orang yang dapat terkendali kadar glukosa darahnya tanpa obat karena itu
dokter anda akan mengatur terapi yang terbaik untuk anda.

APAKAH ANDA MASIH TAKUT ? TIDAK PERLU TAKUT.
MARI TETAP HIDUP SEHAT BERSAMA DIABETES.